26 Jun 2010

Review website kota Bogor

Author: ayii07 | Filed under: Human Computer Interaction, Interaksi Manusia Komputer, perkuliahan

Pada tulisan ini saya akan mencoba mengkaji web usability sebuah web milik pemerintah kota Bogor yang beralamat di www.kotabogor.go.id. Sebagai sebuah website resmi milik pemerintah kota Bogor, kotabogor.go.id memiliki tujuan untuk memperkenalkan kota Bogor kepada masyarakat luas melalui media internet. Selain itu web tersebut juga memberikan informasi pariwisata dan investasi yang terdapat diwilayah bogor.

home page

Gambar 1. Homepage kotabogor.go.id

namun terdapat beberapa kekurangan pada website tersebut dilihat dari sudut pandang interaksi manusia komputer, seperti :

1. ketidakkonsistenan dalam bahasa

Sebagai seorang pengguna, persepsi saya pada saat pertama kali melihat top menu tersebut adalah website kotabogor.go.id ini tidak konsiten dalam berbahasa. jika ingin menampilkan dalam bahasa indonesia bisa menggunakan kalimat profil kota Bogor bukan Bogor city profile. namun saat saya klik menu Bogor city profile, sistem berpindah kehalaman web kota Bogor dalam versi bahasa Inggris. Saran saya lebih baik menggunakan drop down list dan mengganti kalimat Bogor City Profil dengan pilih bahasa.

2. penggunaan marquee

jika informasi yang ingin ditampilkan merupakan informasi penting sebaiknya menggunakan flash message. penggunaan marquee pada pesan seolah-olah memaksa pengguna agar tetap berada di halaman tersebut.

3. menu yang memanjang

dari sisi pemrograman penggunaan menu seperti diatas mungkin tergolong sederhana namun memiliki kelemahan diantaranya harus mengikuti alur (dari menu) yang telah dibuat, jika salah menggeserkan mouse maka menu akan bergeser / berpindah tentu saja hal ini akan mempersulit pengguna.

Leave a Reply

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme